Tahukah Kamu Faktor Penyebab Gempa Bumi Di Indonesia?

OMAH REVIEW – Bila melihat flash back kejadian beberapa tahun ini Negara Republik Indonesia Indonesia sering sekali teraktif dilanda musibah gempa bumi. Hampir di setiap tahun ada musibah gempa bumi yang berdampak kerugian yang ditimbulkan dari gempa bumi ini sangatlah penting pada peradaban manusia secara langsung maupun tidak langsung. Dan gempa bumi memberikan isyarat untuk masyarakat waspada akan bencana susulan seperti Tsunami. Tapi apakah kamu tahu apa itu gempa bumi?

 

APA ITU GEMPA BUMI?

Gempa Bumi adalah suatu getaran yang disebabkan adanya pergeseran lempengan bumi atau dari kegiatan erupsi gunung berapi. Pergeseran lempeng bumi ini bisa terjadi didaratan ataupun ditengah laut. Kemudian gempa bumi yang diakibatkan oleh erupsi gunung berapi / vulkanik biasanya hanya terasa disekitarnya saja, tapi efek dari letusannya kadang bisa meluas.

Untuk pengukuran hasil pengukuran besaran dari Gempa Bumi ini menggunakan skala ritchter dengan alat bantu seismometer. Skala yang terjadi di Indonesia bermacam-macam mulai dari kecil hingga besar yang biasanya berakibat sampai dengan gelombang tsunami. Alat seismometer ini dipasang di beberapa titik rawan lempengan bumi dan diarea kaki gunung berapi untuk memberikan peringatan dini akan gempa bumi tersebut. Bila terjadi gempa bumi carilah tempat yang aman diruang terbuka menghindari bahaya reruntuhan bangunan, pohon, batuan dll. Ternyata Indonesia sering sekali dilanda bencana gempa bumi, yuk kita bahas penyebabnya.

OMAH REVIEW – Gempa bumi ini kerap terjadi di Indonesia karena beberapa faktor yaitu:

 

1.Letak Geografis dari Indonesia

Letak geografis dari Indonesia berada pada lempeng bumi diantara lain Pasifik, Eurasia, Filiphina dan Australia yang mana sering bergeser yang mengakibatkan gempa bumi. Hampir seluruh wilayah dari Indonesia ini rawan akan gempa bumi. Pertemuan antar patahan lempeng bumi akan menimbulkan gempa yang dapat dirasakan sekitar.

Baca Juga :  Tahukah Anda Tentang Game Mobile Legends Bang Bang?

 

2.Terletak di Jalur Cincin Api

Wilayah Negara Indonesia berada di jalur cincin api Pasifik. Ini terlihat dari sebanyak 127 gunung berapi yang masih menunjukkan eksistensinya. Sebagian besar berada di Pulau Jawa yang berjumlah sekitar 30 gunung berapi yang masih aktif. Cincin api pasifik merupakan deretan gunung berapi yang berhubungan antara satu dengan lainnya. Potensi bahaya akan letusan gunung berapi, gempa dan gelombang tsunami di Indonesia sangatlah rawan. Sehingga rakyat Indonesia diharapkan waspada terhadap bencana dari gempa bumi, gunung berapi dan tsunami.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *