Cara Mengatasi Nyeri Menstruasi Adalah Sebagai Berikut

 

Nyeri menstruasi adalah keluhan yang sudah menjadi langganan bagi kebanyakan wanita pada setiap bulan. Ada wanita yang mengalami nyeri haid dengan kadar yang ringan, ada juga dengan gejala yang cukup serius.

Nah, sebelum terburu-buru mengonsumsi obat, sebaiknya kamu mencoba beberapa cara alternatif berikut ini. Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Olahraga

Mungkin, kamu lebih suka bermalas-malasan ketika haid daripada melakukan olahraga ringan. Padahal, olahraga bisa membuat tubuh sehat dan menghilangkan nyeri menstruasi, lho! Dengan olahraga, sirkulasi darah akan semakin lancar.

Tidak hanya itu, hormon endorfin sebagai pereda nyeri alami pun bisa terproduksi secara optimal. Olahraga juga mampu melemaskan otot dan meningkatkan mood yang tidak stabil ketika menstruasi.

Kamu bisa melakukan beberapa olahraga ringan yang aman ketika menstruasi seperti jogging atau senam aerobik. Jangan lupa ya, selalu olahraga dengan teratur sebelum maupun selama menstruasi.

Mengompres Perut

Ketika kamu merasa menstruasi yang menyakitkan, kamu bisa mencoba mengompres perut dengan air hangat. Suhunya akan membantu pelemasan otot rahim sehingga rasa sakit akan berkurang.

Caranya, tempelkan botol berisi air hangat yang terbalut dengan kain setiap perutmu merasakan nyeri. Kamu bisa mengulanginya beberapa kali sampai nyeri benar-benar berkurang. Tentunya, cara ini tidak menimbulkan efek samping, ya!

Selain itu, kamu juga bisa mandi atau berendam dengan air hangat ketika menstruasi. Tidak hanya mengurangi rasa nyeri, mandi air hangat juga membuat tubuh dan pikiran semakin rileks. Bahkan, suhu air hangat bisa membantu melemaskan otot di bagian punggung, perut, dan kaki.

Menghindari Konsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Makanan dengan kandungan lemak, gula, garam, soda, dan alcohol yang tinggi memang perlu kamu hindari. Dengan menghindari makanan maupun makanan tersebut, nyeri menstruasi akan hilang secara alami.

Baca Juga :  Manfaat Semen Instan: Inovasi Praktis dalam Konstruksi Bangunan

Tidak hanya itu, kafein yang ada pada teh, soda, kopi, maupun cokelat juga perlu kamu waspadai. Kandungan kafein juga bisa meningkatkan kram dan nyeri pada otot perut, lho. Apalagi jika minuman tersebut mengandung gula.

Nah, kamu bisa mengganti kopi dan teh dengan mengonsumsi minuman jahe atau lemon hangat. Pastinya, kedua minuman ini bagus sebagai pereda nyeri alami tanpa efek samping. Jahe maupun lemon bisa membantu mengurangi rasa sakit pada perut dan menimbulkan efek yang menenangkan, lho!

Sebagai penggantinya, kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan dengan serat yang tinggi. Misalnya, sayur dan buah. Walaupun kandungannya tidak bisa mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi, namun makanan seperti itu bisa membantu memberikan vitamin maupun mineral bagi tubuhmu.

Mengurangi Stres

Apakah kamu tahu jika stres bisa menyebabkan sakit semakin parah? Ketika kamu menstruasi, stres dapat membuat kram pada perut akan semakin terasa. Maka dari itu, cara paling jitu yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan kegiatan yang dapat mengurangi stres.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk menghilangkan stres seperti menonton film, mendengarkan musik, atau hanya sekadar berjalan-jalan santai bersama teman. Ketika stres mulai datang, kamu bisa menarik nafas secara perlahan dan dalam, lalu hembuskan.

Teknik pernapasan seperti itu menjadi cara paling mudah untuk menghilangkan stres dan meringankan beban pikiran.

Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai banyak hal mengenai menstruasi, kamu bisa langsung baca artikelnya di CHARM GIRL`S TALK. Di sana, pembahasan seputar cewek akan terkupas tuntas dengan cara yang menyenangkan.

Penasaran? Yuk, segera kunjungi www.charmgirlstalk.com. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *