Hindari Ini Jika Ingin Motor Modifikasi Tidak Ditilang

modifikasi motor aman kena tilang

Motor modifikasi kerap kali Anda temukan di jalan dan menjadi sebuah hal yang mungkin mengagumkan. Apalagi beberapa motor modifikasi memiliki bentuk yang unik dan indah. Namun, nyatanya melakukan modifikasi motor aman kena tilang tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus Anda hindari bila memang tidak ingin kena masalah terhadap hukum lalu lintas.

Apabila Anda ingin melakukan modifikasi pada motor, memang tidak bisa dilakukan tanpa mengetahui aturan yang berlaku. Jika Anda melakukan modifikasi yang tidak sesuai, jelas motor bisa kena tilang bahkan beberapa ada yang terpaksa disita. Maka daripada itu, Anda harus memahami  beberapa hal yang harus dihindari yaitu sebagai berikut:

Kriteria Motor Tidak Sesuai STNK

Salah satu hal yang harus Anda hindari ketika ingin melakukan modifikasi motor adalah keterangan berbeda pada STNK terhadap kriteria motor. Misalnya dari dimensinya, penggunaan aksesoris sampai warna motor. Dimana jika berbeda dari STNK, jelas Anda akan kena tilang dan bisa jadi motor akan ditahan oleh pihak berwajib.

Ada baiknya Anda memahami dengan benar bagaimana prosedur dalam melakukan modifikasi motor yang terlalu besar. Hal ini sendiri untuk mencegah motor ditahan oleh polisi saat digunakan di jalanan. Sudah ada banyak sekali biker yang mengubah motor hingga berbeda dari STNK tapi tidak mengganti suratnya sehingga membuat mereka ditilang dan didenda.

Menggunakan Aksesoris Non Standar

Tidak dapat dipungkiri bahwa di pasaran banyak dijual aksesoris motor yang bisa menjadi pelengkap saat melakukan modifikasi. Tapi, perlu Anda tahu bahwa sebenarnya seluruh aksesoris yang tersemat pada motor sudah sesuai standarnya. Apabila Anda mengganti dengan yang tidak standar sudah pasti akan kena tilang.

Baca Juga :  Mengulas Berbagai Manfaat Jasa Penerjemah Tersumpah

Kasus yang banyak terjadi belakangan ini adalah mengganti knalpot standar dengan racing yang berisik. Di mana kebisingan dari knalpot racing ini jelas akan mengganggu pengendara lain dan masyarakat sekitar. Sebaiknya Anda hindari memasang knalpot racing yang jelas tidak sesuai dengan standarnya.

Mengurangi Keamanan dari Motor

Selanjutnya adalah modifikasi yang mengesampingkan masalah keamanan pada motor. Di mana jika Anda sedang apes sudah pasti motor akan kena tilang dan Anda kena denda. Contohnya saja hanya memasang satu spion yang memang tidak diperbolehkan. Pastikan juga spion memiliki ukuran yang sesuai dengan aturan yang berlaku agar Anda tidak kena tilang.

Dengan memahami beberapa hal yang harus dihindari saat modifikasi motor di atas, maka jelas Anda akan terhindar dari tilang. Apabila ingin mendapatkan informasi lebih jauh, maka Anda bisa membuka website modifikasi motor, yaitu Suryanation. Di mana di dalam website tersebut ada banyak informasi penting terkait dengan modifikasi motor yang sesuai aturan dan juga tips bermanfaat lainnya.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *