Yuk Khusus Kamu Cewek, Kenali Siklus Haid yang Normal!

Setiap perempuan yang sudah mengalami pubertas pada umumnya akan mengalami haid dengan siklus haid yang berbeda-beda pada setiap perempuan. Ada perempuan yang siklus haidnya normal dan teratur, tetapi ada juga yang tidak. Tapi taukah anda bagaimana siklus haid yang normal? Jika anda belum tahu, mari simak ulasannya di bawah ini:

Siklus haid yang normal rata-rata terjadi setiap 28 hari. Siklus haid wanita juga masih terhitung normal jika siklusnya sekitar 23 sampai 35 hari. Artinya, jika setiap 23-35 hari anda mengalami haid yang teratur, siklus haid anda normal. Haid yang normal biasanya berlangsung antara tiga sampai tujuh hari. Perempuan yang memiliki siklus haid yang normal akan mengalami haid satu bulan sekali dan dalam satu tahun mereka akan total mengalami haid sekitar 11-13 kali.

Selain dari pola skilus haid, haid yang normal juga dapat anda lihat dari beberapa hal, antara lain:

Warna Darah

Sejatinya Warna darah haid yang normal pada umumnya adalah merah terang. Pada warna ini menunjukkan bahwa pendarahan yang anda alami itu normal dan sehat. Warna merah terang ini bisanya dapat anda lihat pada hari menstruasi pertama dan kedua, karena darah yang keluar tersebut masih segar. Pada hari-hari terakhir menstruasi, darah yang keluar akan menjadi kecoklatan. Hal itu desebabkan oleh darah haid yang tersisa di dalam rahim.

 

Lama Waktu Haid

Selama wanita mengalami haid, waktu normalnya adalah 3 sampai 7 hari. Meskipun begitu ada juga orang yang mengalami haid selama 2 hari saja dan ada juga yang mengalami haid leih dari 7 hari. Waktu lama haid tergantung kepada banyak atau tidaknya darah haid yang keluar. Bila haid terjadi hanya dalam 2 hari saja, biasanya darah yang keluar akan lebih banyak dari rentang waktu nornal. Apabila darah yang keluar hanya sedikit, maka itu bisa jadi bukan haid, melainkan suatu penyakit.

Baca Juga :  Inilah Panduan Cara Daftar NPWP Pribadi Online: Mudah dan Cepat

Haid yang lebih lama dari waktu normalnya dan tidak kunjung selesai dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penggunaan pil KB, PCOS, dan lain sebagainya.

 

Keputihan

Bebrapa hari menjelang menstruasi, wanita akan mengalami keputihan. Keputihan yang normal tidak memiliki bau atau tidak mengeluarkan bau yang menyengat, selain itu keputihan tersebut berwarna putih jernih atau bening dan memiliki tekstur yang kental dan lengket. Munculnya keputihan ini sangat dipengaruhi oleh sistem hormonal, sehingga banyaknya keputihan tersebut sangat bergantung pada siklus haid wanita.

Jika anda mengalami keputihan yang berbau tidak sedap dan memiliki warna kuning, itu merupakan keputihan yang tidak normal. Hal itu biasanya dapat terjadi karena infeksi oleh bakteri, virus, ataupun jamur.

 

Gejala Haid

Beberapa hari menjelang haid, akan timbul gejala PMS dan akan berhenri di hari-hari pertama haid. Gejala PMS yang muncul antara lain:

  • Perut menjadi kembung
  • Adanya kram pada perut bagian bawah dan punggung
  • Munculnya jerawat pada muka
  • Sulit tidur atau insomina
  • Terjadi perubahan mood
  • Lebih suka makan

 

Gejala PMS diatas merupakan gejala yang nomal terjadi. Apabila gejala yang timbul cukup parah hingga mengganggu kegiatan sehari-hari, ada baiknya untuk langsung memeriksakan hal tersebut pada dokter.

Itulah hal-hal yang nenandakan bahwa siklus haid wanita normal. Apabila terjadi hal-hal yang tidak normal pada siklus menstruasi anda segera periksakan ke dokter sehingga hal tersebut bisa diatasi dan siklus haid anda bisa kembali normal. Dan gunakanlah pembalut charm untuk menemani anda ketika haid tiba. Karena selain nyaman, pembalut ini sudah terbukti aman dan mampu menyerap darah dengan sempurna.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *