Cara Mengatasi Ruam Popok Pada Usia Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Oleh karena itu anda harus selalu menjaga kebersihan bayi dan menjaga kontak dengan berbagai hal yang bisa menyrbabkan timbulnya penyakita ataupun infeksi. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan kebersihan dari popok bayi. Popok bayi merupakan salah satu sumber berkumpulnya kuman dan bakteri. Jika anda tidak rajin membersihnkan atau mengganti popoknya, maka bisa menyebabkan infeksi pada kulit bayi.

Infeksi karena popok tersebut biasanya akan menimbulkan peradangan pada kulit dan menybabkan adanya ruam kemerahan. Ruam kemerahan tersebut biasanya terdapat pada kulit di sekitar pantan dan paha bayi. Kondisi tersebut tentunya sangat menganggu bayi anda karena bisa saja menimbulkan rasa gatal dan perih pada bayi. Oleh karena itu anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi ruam popok pada bayi. Berikut ini cara mengatasinya.

Jaga Kulit Bayi Selalu Bersih Dan Kering

Untuk mengatasi ruam popok pada bayi, anda harus memastikan kulit bayi area selangkangannya selalu bersih dan kering. Jika kulit bayi lembab, maka risiko terkena iritasi pada kuit bayi akan semakin meningkat. Anda juga bisa memakaikan popok yang tidak terlalu ketat pada bayi anda sehingga udara masih bisa masuk.

Rutin Ganti Popok Bayi

Anda juga harus rutin mengganti popok bayi. Jangan gunakan popok yang sama dalam jangka waktu lama, terutama jika popok tersebut sudah kotor oleh urin atau feses bayi. Memakai popok yang kotor terlalu lama akan memperparah iritasi pada kulit anak anda.

Pastikan Ukuran Popok Pas

Anda juga harus bisa memilih ukuran popok yang pas untuk bayi anda. Jangan gunakan popok yang ketat karena bisa memperparah timbulnya infeksi. Usahakan pilih popok yang agak longgar dan sesuai dengan ukuran tubuh atau berat badan anak anda.

Baca Juga :  Tips Mudah Menguasai Chord Gitar Dengan Cepat

Oleskan Petroleum Jelly

Mengoleskan petroleum jelly juga bisa menjadi cara untuk mengatasi ruam popok. Petroleum jelly ini bisa bekerja sebagai pelindung kulit bayi dari iritasi dan menjaga kelembapan kulitnya sehingga terhindar dari risiko ruam popok. Gunakan petroleum jelly ini setiap kali anda mengganti popok anak anda.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ruam popok bayi. Apabila iritasi pada bayi anda semakin parah dan dan menimbulkan luka terbuka disertai dengan gejala demam, segera bawa bayi anda ke dokter agar iritasi tersebut bisa segera dokter atasi.

Semoga bermanfaat ya!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *