Begini Cara Menenangkan Bayi yang Rewel di Malam Hari

cara menenangkan bayi rewel

Bagi anda yang baru memiliki anak, tentunya anda harus mengetahui bagaimana cara menenangkan bayi rewel di malam hari. Biasanya bayi menjadi rewel di malam hari karena bayi terlalu nyenyak tidur saat siang hari. Hal tersebut bisa anda sebut dengan witching hour atau jam tidur bayi yang terbalik dengan orang dewasa.

Anda tidak perlu panik jika bayi anda rewel di malam hari. Itu karena bayi rewel saat malam merupakan hal yang umum terjadi pada bayi. Meskipun begitu anda juga harus mencari penyebabnya jika bayi anda rewel dan terus menangis saat malam agar anda bisa menenangkannya. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menenangkan bayi anda yang rewel.

Gendong Bayi

Cara yang pertama adalah menggendong bayi. Cara ini merupakan cara umum yang paling sering orang tua gunakan ketika bayinya rewel di malam hari. Dengan menggendong bayi anda, bayi anda kan berada dekat dengan detak jantung ibu. Hal tersebut aan membuat bayi anda merasa lebih tenang dalam gendongan anda.

Gendong Sambil Berjalan

Jika dengan menggendongnya saja bayi anda tetap rewel, anda bisa mencoba untuk menggendongnya sambil berjalan. Ritme langkah anda saat sedang berjalan seringkali bisa mengatasi bayi anda yang rewel di malam hari.

Kurangi Stimulasi

Coba juga untuk mengurangi stimulasi yang menyebabkan anak anda tidak tidur di malam hari. Misalnya saja dengan mematikan lampu kamar, mengurangi kebisingan, dan membedong bayi. Dengan rutin mematikan lampu saat tidur secara teratur akan membuat bayi anda paham jika malam hari merupakan waktu untuk tidur sehingga mereka akan jarang rewel saat malam hari.

Tenangkan Menggunakan Suara

Untuk menenangkan bayi anda saat rewel di malam hari, anda bisa menggeluarkan suara “ssst” ataupun bersenandung kecil. Anda bisa melakukan eksperimen tentang suara apa yang bayi anda sukai sehingga bayi anda akan bisa lebih tenang.

Baca Juga :  Mengapa Harus Pilih Rumah Citra Garden Cilegon?

Pijat Bayi

Cara lainnya adalah dengan memijat punggung bayi anda dengan lembut. Sentuhan tangan ibu sendiri akan bisa membuat bayi anda merasa lebih tenang. Dengan memijatnya, bayi anda akan bisa merasa lebih rileks dan nyaman.

Berikan Susu

Bisa saja anak anda rewel karena merasa lapar. Anda bisa segera memberikan susu bayi pada anak anda baik dengan menyusuinya secara langsung ataupun dengan mempersiapkan susu yang telah anda pompa sebelumnya.

 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menenangkan bayi anda yang rewel di malam hari. Semoga cara tersebut ampuh untuk menenangkan bayi anda yang rewel.

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *