Fuel Pump Anda Rusak? Yuk Kenali Detailnya..

OMAH REVIEW – Beberapa waktu yang lalu permasalahan Fuel Pump pada beberapa Produsen Toyota, Daihatsu, Mitshubishi maupun Nissan memang santer terdengar dikonsumen. Bahkan Pabrikan ini melakukan recall atau penarikan kembali unit kendaraannya karena ada permasalahan yang mengganggu konsumen dari bagian Fuel Pump ini.

Tahukah kamu Fuel Pump itu?

Fuel Pump atau yang dapat juga disebut Pompa bensin  yaitu bagian yang vital dari suatu kendaraan yang mengatur suplai bahan bakar ke mesin pembakaran sehingga mesin akan menjadi stabil dan normal. Bahan bakar yang didorong dari Tangki ke mesin bakar akan diubah menjadi energy yang membuat mobil berjalan. Bila dalam keadaan tidak normal akan menyebabkan mesin mobil kita mogok. Banyak pengguna yang sulit mengidentifikasi kerusakan ini sebab tidak ada di monitor indicator check engine, sehingga harus dibawa ke bengkel.

Macam – macam Fuel Pump yang perlu anda ketahui:

1. Fuel Pump Mekanis

Sistem pompa bensin ini bekerja menggunakan gerakan dari putaran mesin. Dengan memanfaatkan 2 katup didalamnya. Metode kerja kedua katup ini silih bertentangan buat mengendalikan aliran bahan bakar. Buat menggerakkan diafragma ada pull rod yang tersambung dengan rocker arm. Rocker arm ini hendak dihubungkan dengan camshaft. Dengan perihal ini hingga putaran mesin lewat camshaft hendak dihubungkan ke diafragma lewat rocker arm serta pull rod. Pompa bahan bakar mekanis banyak digunakan di sistem bahan bakar konvensional. Pada Fuel Pum mekanis ini tidak membutuhkan listrik dan juga perawatannya yang mudah tapi sayangnya memiliki suara yang berisik, getaran terasa.

 

2. Fuel Pump Elektrik

Prinsip kerja dari pompa bensin elektrik ini menggunakan energy listrik / baterai untuk memompa bahan bakar ke ruang bakar mesin. Biasanya terdapat pada kendaraan yang menggunakan teknologi EFI. Pompa bensin elektrik ini memiliki keunggulan dari tekanannya memompa bahan bakar sebesar 2Kg/cm2 maupun lebih. Selain itu getarannya kecil, dapat diinstall diluar bagian mesin dan juga bisa beroperasi meskipun saat keadaan mati. Tapi pompa bensin ini hanya tergantung pada listrik dan baterai serta bila ada kerusakan lumayan tinggi ongkosnya.

Baca Juga :  Strategi Membeli Mobil Idaman: Panduan untuk Keputusan yang Bijak

 

Walaupun mobil anda baru tidak menjamin fuel pum ini pastilah bagus. Maka dari itu sering-seringlah memeriksakan mobil anda ke bengkel untuk tune up secara berkala.

Berikut ini ciri-ciri saat Fuel Pump Kendaraan anda Rusak, yakni:

a. Mobil Suit untuk Di Starter dan Gas Terasa Brebet

Disaat mobil jarang untuk dihidupkan, terkadang sulit untuk hidup karena fungsi dari Fuel Pum tidak bekerja secara normal.Di lain kasus juga ketika mobil berjalan, terkadang di gas malah brebet ingin mati. Keadaan ini memang kurang nyaman bagi penggunanya, maka perlu lah anda membawa pada montir yang berkompeten.

 

b. Lampu Indikasi Injeksi Mobil yang menyala

Terkadang indicator pada mesin menunjukkan ada kerusakan pada injection pada dashboard mobil anda. Maka anda peru waspada jika ini peringatan agar mengecek fuel pump anda juga.

 

Dari sekarang mulailah mengecek kondisi mobil anda sebelum berpergian jauh, dari pada harus mogok diperjalanan anda. Sekian dari Omah Review, semoga bermanfaat !!

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *