Panduan Cara Membuat Website Bisnis, Cocok untuk Pemula

cara membuat website bisnis

Di masa kini, kehadiran website sangat penting untuk menunjang aktivitas bisnis. Keberadaan laman ini memberikan banyak keunggulan, mulai dari membuka pasar baru hingga mengembangkan usaha lebih luas. Untuk Anda para pelaku usaha, maka penting mengetahui cara membuat website bisnis pada artikel berikut.

Persiapan Sebelum Membuat Web Bisnis

cara membuat website bisnis
Membuat website bisnis dari laptop (sumber : gosocial.co.id)

Memiliki website bisnis memungkinkan Anda menjual produk dan memberikan layanan secara online. Kemudian, menjadi bagian dari identitas dan branding usaha Anda. Ketahui beberapa elemen penting sebelum mengetahui cara membuat web untuk usaha berikut.

Identifikasi Target Audiens

Mengidentifikasi target audiens sejak awal bisa membantu ketika Anda hendak mengambil pendekatan apa yang cocok untuk pembuatan situs Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis produk bayi, maka tentukan desain website yang menggambarkan demografi konsumen tersebut.

Sangat penting untuk menetapkan tujuan yang jelas untuk kehadiran laman online Anda. Misalnya, apakah untuk menghasilkan prospek, meningkatkan penjualan online, membangun kesadaran merek atau memberikan informasi kepada audiens Anda.

Dengan menentukan tujuan sejak awal, Anda dapat menyelaraskan desain, konten, dan fungsionalitas untuk mendukung tujuan tersebut secara efektif.

Lakukan Riset Pesaing

Saat ini, sangat jarang ada usaha yang memunculkan ide yang benar-benar berbeda. Artinya, akan ada perusahaan lain di luar sana yang menawarkan hal yang sama seperti Anda. Maka, melakukan riset pesaing secara menyeluruh dapat memberi gambaran tentang apa yang harus disertakan dalam laman Anda.

Ketahui apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan kompetitor. Jangan tiru matang-matang, tapi ambil nilai plusnya sebagai referensi,

Cara Membuat Website Bisnis

cara membuat website bisnis
Mengelola situs website bisnis agar optimal melalui perangkat laptop (sumber : gosocial.co.id)

Setelah mengetahui panduan awal persiapan membuat website, sekarang ketahui cara membuat situs web bisnis berikut.

1. Tentukan Nama Domain Anda

Nama domain Anda adalah salah satu fitur terpenting laman Anda. Ini adalah URL yang akan Anda bagikan dengan klien saat ini dan calon klien dan promosikan di media sosial.

Baca Juga :  Inilah Langkah-Langkah Cara Daftar TikTok Shop untuk Anda

Oleh karena itu, Anda menginginkannya deskriptif dan mudah diketik di browser. Usahakan agar tetap singkat dan hindari singkatan, akronim, dan angka untuk menghindari kebingungan.

2. Pilih Hosting

Setiap situs web memerlukan hosting dan server tempat semua datanya disimpan agar publik dapat mengaksesnya setiap saat. Hosting laman Anda mungkin memerlukan biaya yang terlalu besar. Namun, Anda bisa saja memilih hosting eksternal. Yakni dengan menggunakan layanan pihak ketiga.

3. Buat Halaman dan Desain Web

Susunlah halaman dan desain situs menyesuaikan dengan bisnis ini. Namun, secara umum, bagiannya mencakup Beranda, Tentang Kami, Produk atau Layanan, Blog, Kontak dan ospi lainnya berdasarkan kebutuhan spesifik usaha.

4. Atur Konten

Selanjutnya, bagi setiap bagian utama menjadi sub kategori atau halaman. Misalnya, di bagian Produk atau Layanan, Anda mungkin memiliki halaman terpisah untuk masing-masing produk atau layanan yang Anda tawarkan.

5. Uji dan Sempurnakan

Setelah merencanakan struktur dan navigasi situs web Anda, ujilah sendiri. Kemudian mintalah masukan dari keluarga dan teman. Evaluasi bagaimana kemudahan navigasi berbagai bagian dan halaman. Kemudian, lakukan penyesuaian yang diperlukan.

6. Berinvestasi dengan SEO dan Rutin Lakukan Maintenance

Anda bisa menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) untuk mendorong pengguna berkunjung ke halaman Anda. Misalnya, dengan mendefinisikan tag judul, deskripsi meta yang relevan hingga kata kunci pilihan.

Langkah ini dapat meningkatkan peringkat laman Anda di mesin pencari untuk produk atau layanan yang Anda coba pasarkan.

Yang tidak kalah penting, Anda juga harus rajin melakukan maintenance website. Tujuannya agar seluruh fitur dan perangkat lunak laman tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Mudah, kan cara membuat website bisnis di atas? Keberadaan website sangat penting. Sebab menjadi branding dan representasi usaha yang profesional. Anda bisa memiliki situs untuk usaha Anda dengan mengandalkan layanan GoSocial. Tersedia pilihan dan jenis website yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca di Komputer

 

Lihat penawarannya di sini untuk informasi lebih lanjut. Sudah tersedia juga paket harga dan detail lain yang Anda butuhkan. Diskusikan bersama para profesional di sana untuk kebutuhan pembuatan situs Anda.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *