Perkembangan Virtual Reality dan Augmented Reality Di Indonesia

 

Tanpa kita sadari teknologi bertumbuh sangat cepat sekali pada setiap harinya. Salah satunya Perkembangan Virtual Reality Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan begitu pesat. Teknologi virtual reality dapat membantu kegiatan manusia dalam berbagai bidang. Kegiatan manusia menjadi lebih mudah dan efisien dalam penggunaannya. Mari kita bahas dahulu mengenai Virtual Reality ya.

Apa itu Virtual Reality?

 

Virtual reality adalah sebuah teknologi dapat mencipakan simulasi 3 dimensi yang dibuat oleh komputer  dengan dibantu perangkat tambahan seperti kacamata, headset  dan sarung pengontrol. Penerapan virtual reality dalam berbagai bidang yaitu:

1. Hiburan

Banyak sekali jenis game yang dapat menggunakan teknologi virtual reality. Sehingga pengguna dapat merasakan permainan secara langsung. Pengguna akan menggerakkan tubuh seakan bermain secara nyata sehingga menambah keseruan dalam permainan.

2. Visualisasi  data

Dapat memudahkan dalam menvisualisasikan data dengan detail. Misalnya data molekul, arsitek, dan data produk.  Dengan menggunakan virtual reality desain terlihat  imajinatif.

3. Bidang medis

Dalam bidang kesehatan virtual reality bermanfaat sebagai  simulasi bedah. Membantu tenaga medis untuk berlatih guna menekan resiko dalam pembedahan. Teknologi ini sangat  bermanfaat untuk meminimalisir kesalahan medis.

4. Transportasi

Dengan tekonologi virtual reality  kita bisa menggunakan untuk  pelatihan penerbangan secara virtual. Dapat juga sebagai media pengujian untuk mendapatkan surat ijin mengemudi yang aman dan meminimalisasi resiko.

5. Militer

Membantu bidang militer untuk menyampaikan informasi agar mengurangi resiko di medan pertempuran.  Selain itu virtual reality berguna untuk mengintai musuh dan menembak dari jarak jauh.

 

Tak hanya itu Augmented Reality Indonesia juga sering digunakan banyak kalangan selain Virtual Reality. Kedua teknologi ini sebenarnya hampir sama dalam penggunaannya. Teknologi ini memanfaatkan perangkat mobile sebagai komponen dasar. Untuk detailnya simak penjelasannya ya.

Baca Juga :  Inilah Tips Memilih Mouse Wireless untuk Kebutuhan Anda

Apa itu Augmented Reality?

 

Augmented reality ialah teknologi yang memadukan obyek nyata dan obyek virtual  berupa obyek 3D ke dunia nyata. Menampilkan obyek kedunia nyata memerlukan perangkat tambahan seperti webcam, kamera, komputer dan kacamata khusus. Berikut penerapan augmented reality dalam berbagai bidang yaitu:

1. Pendidikan

Sebagai  alat bantu untuk menyampaikan materi secara detail dan lebih menarik. Sehingga pembelajaran tidak hanya terpaku pada buku pelajaran.

2. Hiburan

Beberapa  game telah menerapkan teknologi augmmented reality. Pengguna seolah-olah sedang berada di dalam game. Teknologi  seperti ini akan membuat pengguna menjadi terhibur dan menghilangkan stress. Misalnya game pokemon  go dan jurassic park.

3. Arsitek

Teknologi ini dapat membantu mendesain bangunan  atau ruangan sehingga klien dapat menentukan desain bangunan dalam bentuk 3D.

4. Kesehatan

Sebagai alat bantu untuk pelatihan medis.  Dengan menggunakan augmented reality calon dokter akan lebih mudah dalam memahami  seluk beluk anatomi tubuh. Sehingga sangat efisien untuk media pembelajaran anatomi hingga penanganan suatu penyakit.

 

Bagi anda yang ingin menggunakan virtual reality dan augmented reality untuk keperluan bisnis, perusahaan dan institusi anda kami sarankan gunakan platform smarteye.id. Sudah banyak perusahaan yang telah menggunakan jasa & produk dari smarteye.id ini mulai dari Pertamina, Toyota Indonesia, Loreal Paris dan masih banyak lagi. Sehingga takperlu diragukan lagi tentang kapasitas dan kapabilitas perusahaan ini. Tunggu apalagi langsung hubungi smarteye.id sekarang :

 

The Telkom Hub

Jl. Gatot Subroto No.Kav. 52, RT.6/RW.1,
West Kuningan, Mampang Prapatan,
South Jakarta City, Jakarta 12710

contact@smarteye.id

+62 8118 982 11  – WhatsApp and call

+62 8129 312 9571  – WhatsApp only

 

Baca Juga :  Rekomendasi Fisioterapi Bali Yang Bagus dan Melayani Homecare

Ingat teknologi akan terus berkembang dengan pesat, sehingga manfaatkan potensi teknologi ini untuk mengembangkan bisnis anda. Semoga anda juga salah satu yang merasakan langsung manfaatnya.

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *