Tahukah kamu Goal Line Technology pada Sepak Bola ?

Peru

Pasti kamu pernah tahu ketika menonton suatu pertandingan sepakbola terjadi gol yang disahkan wasit dengan kotroversial. Biasanya Penglihatan wasit untuk mengesahkan gol berbeda dengan hasil siaran ulangnya. Untuk menciptakan pertandingan fair play diciptakanlah teknologi yang disebut Goal Line Technology.

 

Apa itu Goal Line Technologi?

Goal Line Technology

Goal Line Technologi merupakan sebuah inovasi teknology dalam dunia sepak bola yang membantu wasit dalam menjalankan pertandingan dengan memberikan signal saat bola telah melewati garis gawang atau gol. Pasti para pecinta sepakbola tidak asing dengan teknologi Goal Line Technology ini, tapi apakah kamu tahu komponen apa saja yang dibutuhkan serta prinsip kerjanya?

 

Teknologi ini membutuhkan 3 komponen utama yang wajib ada,yaitu :

 

1. Bola yang Tertanam Microchip RFID

Bola ini mengirimkan sinyal pada receiver, yang mana telah tertanam microchip. Dari segi bentuknya sesuai dengan standar bola pada umumnya dengan bahan polyurethane juga.

 

2. Receiver Signal RFID Reader

Receiver Signal ini menerima signal dari microchip pada bola. Setelah itu Signalnya akan diteruskan kepada alat jam wasit jika bola melewati garis gawang dengan indikator pesan gol.

 

3. Penghantar Sensor

Penghantar sensor medan magnet ini berupa sensor kabel yang terletak pada sekeliling terdapat di area gawang untuk menciptakan medan magnet ketika bola terlewati garis gawang akan aktif. Sensor kabel ini di tanam yang dalamnya kurang lebih 15cm dari permukaan. Penghantar Sensor kabel ini didesain tidak terpengaruh dengan perubahan cuaca saat berlangsungnya pertandingan sehingga dapat berjalan dengan lancar dan adil.

 

Prinsip Kerja dari Goal Line Technology

 

Pada aplikasinya memakai dari suatu sistem RFID ( Radio Frequency Identification). Manfaat sistem RFID iniĀ  mengirim informasi yang setelah itu di terbaca oleh RFID Reader dan kemudiaan di proses dan diolah oleh Komputer. Pada goal line technology, RFID berupa microchip yang dipasang pada bola serta antena yang terletak di sekitar lapangan. Dan Tidak hanya terpasang di bola saja, tetapi microchip pula dipasang pada setiap kaki pemain. Sehingga keakuratan pada teknologi bisa mengenali letak bola dan setiap pemain. Pengiriman informasi memakai frekuensi yang 2. 4 GHz ISM band yang sangat cepat. Perbedaan keakuratan dalam membaca signal berkisar kurang lebih 1~2 cm walaupun kecepatan bola mencapai 140km/jam. Goal Line Technology saat ini masih terus diperbarui dan diuji kehandalannya

Baca Juga :  Cara Memilih Virtual Office dengan Tepat

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *