Tips Mudah Menguasai Chord Gitar Dengan Cepat

 

Alat musik gitar merupakan salah satu alat musik populer berdawai yang dipetik, biasanya menggunakan jari maupun  plektrum. Hampir setiap lagu dapat diiringi alunan gitar ini. Tak sedikit dari kita pun yang kurang percaya diri dengan mendalami bakat bermain gitar. Bahkan kita pernah mengira bahwa orang – orang yang mahir bermain gitar ialah bakat dari lahir sehingga cepat kemampuannya dalam menguasai Chord gitar. Namun sebenarnya ada tips khusus agar anda dapat menguasai teknik bermain gitar ini.

Cara bermain gitar bagi pemula dengan mudah sebenarnya tidak perlu terburu – buru. Adapun cara mudah menguasai chord gitar bagi pemula yakni:

1. Pelajari Nada dan Cari Mentor Pelajari gitar

Tangga nada merupakan unsur pokok dalam musik. Seperti halnya DO-RE-MI-FA-SO-LA-SI-DO yang pasti sudah tak asing dengan nada tersebut. Dalam gitar pun nada ini digunakan sebagai ilmu dasar dalam bermain musik. Pahami dahulu nada dasar ini secara gambang agar anda mudah mempelajari tahap selanjutnya. Dan cari lah mentor untuk membimbing anda menguasai gitar ini. Sebenarnya pendampingan menggunakan mentor ini akan mempercepat anda mahir menguasainya.

 

2. Pelajari Kunci Chord Dasar

Untuk yang perlu anda pelajari selanjutnya ialah kunci chord dasar. Kunci dasar yang biasa digunakan yakni A,B,C,D,E,F serta G. Untuk lebih pahamnya anda dapat melihat gambar di bawah ini:

Agar jelasnya perhatikan tanda nomornya ya:

a. titik 1 ialah posisi jari telunjuk

b. titik 2 ialah posisi jari tengah

c. titik 3 ialah posisi jari manis

d. titik 4 ialah posisi jari kelingking

Agar semakin terbiasa berpindah – pindah kunci dengan mudah, berlatihlah secara rutin agar tangan anda terbiasa memainkannya. Selain itu posisikan gitar anda senyaman mungkin biar semakin fokus dalam belajar.

Baca Juga :  Pilihan Tepat Dompet Wanita Yang Lagi Trend

 

3. Pelajari Kunci Chord Tingkat Lanjut

Selanjutnya ketika anda telah menguasai kunci chord dasar, cobalah mengembangkannya ke kunci chord tingkat lanjut. Tekniknya hampir sama dengan poin nomor 2 dalam pengaplikasiannya.

 

Kode pembacaan kunci A yakni A Mayor sedangkan kunci Am ialah A minor. Kode tersebut berlaku untuk semua kunci chord tingkat lanjutan ini.

 

4. Berlatih dengan Beberapa Lagu secara teratur

Meskipun anda belum menguasai seluruhnya, anda dapat melatih skill dasar anda dengan memainkan lagu yang sekiranya mudah. Dengan sering mempraktekkan ilmu dasarnya secara teratur maka akan semakin cepat anda mahir dalam memainkan lagu – lagu lainnya.

 

Agar anda semakin mudah dan cepat belajar chord gitar, cobalah menggunakan chord lagu yang ada pada Junior Tekno. Banyak sekali pilihan lagu – lagu terhits kekinian yang dapat anda pilih. Tentunya semuanya gratis alias tidak perlu bayar.

Sekian Tips Mudah Menguasai Chord Gitar dengan cepat, semoga dapat membantu anda dalam menguasai alat musik gitar.

 

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *