Cara Membersihkan Jok Jangan Abai Kenali Dulu Material Bahannya

 

Cara membersihkan jok terbilang cukup mudah, asalkan sebagai pemilik melakukannya secara disiplin dan jangan menunggu hingga kotor. Kini sudah tersedia aplikasi bengkel mobil yang memudahkan Anda menemukan bengkel terdekat untuk layanan cuci jok mobil sehingga tetap bersih dan higienis.

Jok merupakan bagian dari kabin mobil yang penting karena merupakan salah satu item penentu kenyamanan para penumpangnya. Oleh karena itu, sudah sewajarnya sebagai pemilik memperhatikan kebersihannya.

Cara Membersihkan Jok Mobil agar Tetap Bersih dan Higienis

Jok mobil tidak cukup hanya sekedar empuk dan nyaman saja. Kedua hal tersebut tidak bisa menjamin keamanan dan kesehatan para penumpang dan pengemudinya.

Lantas, sudah benarkah cara Anda merawat dan menjaga kebersihan jok mobil selama ini? Semakin sering digunakan, maka tingkat kekotoran akan semakin bertambah. Sebaiknya jangan menunggu kotor baru membersihkannya.

Hal terpenting yang sebaiknya Anda ketahui adalah mengenali material yang digunakan sebagai pelapis jok mobil. Jadi, Anda bisa menentukan penanganan yang tepat karena masing-masing bahan memiliki karakter yang berbeda. Alih-alih ingin membuat jok tampak baru, justru akan merusaknya karena tidak paham trik membersihkannya.

Berikut adalah tips sederhana membersihkan jok mobil sesuai material bahan pembuatnya sehingga Anda bisa menerapkannya di rumah.

 

Tips Membersihkan Jok Mobil Berbahan Polyester

Bahan polyester merupakan bahan pembuat jok mobil yang populer. Ini karena harganya yang relatif terjangkau dan kualitasnya tidak diragukan lagi. Uniknya, meskipun murah, tingkat kenyamanan yang diberikan tidak kalah dibandingkan jok berbahan kulit.

Cara membersihkan jok mobil berbahan polyester juga mudah karena sifat bahannya cepat kering. Meski tumpahan minuman atau kotoran mudah luntur, namun Anda tetap harus membersihkannya.

Baca Juga :  Pentingnya Hak Paten Merek Dagang Dalam Bisnis

Gunakan air bersabun atau vacuum cleaner. Adapun langkah-langkah membersihkannya adalah bersihkan tiap titik-titik noda satu persatu dengan menyemprotkan pembersih kaca, lalu usap dengan kain lembut. Sebaiknya gunakan kain microfiber karena lebih lembut dan halus.

Anda juga bisa memanfaatkan kombinasi baking soda dan air. Campur kedua bahan hingga teksturnya berubah menjadi pasta. Usapkan pada jok mobil secara merata. Pada area terkotor, usaplah berulang kali hingga noda hilang.

Setelah itu, lakukan pembilasan dengan mengusapkan air bersih ke seluruh bagian jok. Lalu, ambil kain lembut untuk mengeringkannya. Pastikan hingga benar-benar kering sehingga kondisi jok tidak akan lembab.

Jika lembab akan menjadi tempat tumbuhnya jamur. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung minyak karena akan membuat jok mobil menjadi keras.

 

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Kulit Asli

Jok mobil dari kulit asli lebih terlihat stylish dan elegan. Oleh karena itu, tak salah apabila ada sebagian orang mulai menjadi peminatnya.

Selain stylish, jok kulit asli juga memiliki daya awet yang tinggi. Hanya saja, para penggunanya belum paham bagaimana cara merawat dan membersihkannya. Padahal perawatan yang sembarangan akan membuat tampilan jok menjadi jelek bahkan kulitnya memudar. Perawatan jok kulit asli memang relatif sulit.

Gunakan pembersih dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk jok kulit. Anda bisa mendapatkan keduanya dengan mudah karena tersedia dalam satu paket.

Saat membersihkannya, akan lebih efektif jika Anda juga menyalakan pemanas mobil. Ini karena bahan kulit mudah bereaksi terhadap panas sehingga lebih mudah menerima pembersih yang diaplikasikan. Namun, jika proses pembersihan dan perawatan dilakukan di lingkungan yang hangat, cukup menyalakan pemanas mobil sekedar untuk menghangatkan ruang kabin saja sebelum memulai membersihkan jok.

Baca Juga :  Berikut Daftar Mobil Harga 100 Jutaan Di Tahun 2022

Jika terdapat noda membandel, berikan pra perawatan terlebih dahulu dengan mengoleskan kondisioner di area tersebut. Lap bekas kondisioner setelah mendiamkannya selama 30-40 detik.

Anda juga bisa menggunakan campuran sabun batang dengan air hangat sebagai cara membersihkan jok mobil berbahan kulit asli. Sama halnya dengan membersihkan job, Anda juga harus memperhatikan kebersihan body kendaraan. Pilihlah penyedia jasa cuci mobil terdekat, maka akan lebih efisien waktu dan biaya.

Percayakan saja pada Otoklix, yakni platform yang bekerjasama dengan bengkel-bengkel umum pilihan se-Jabodetabek untuk mengerjakannya. Bukan hanya mencuci, Anda juga bisa memperoleh layanan ganti oli, ban, dan layanan service kendaraan. Dapatkan semua kemudahan perawatan hingga perbaikan kendaraan dengan jasa Kami. 

 

Bersihkan Keset

Bagian lain dalam kabin mobil yang harus diperhatikan kebersihannya adalah keset. Bersihkan kotoran yang menempel dengan cara mengeluarkan keset dari dalam mobil.

Membersihkan keset yang terbuat dari karet atau vinil dapat menggunakan semir sepatu berbahan lilin cair. Semir sepatu tersebut akan menjadikan keset terlihat lebih berkilau, memudahkan saat proses pembilasan, dan menjaga keset tetap bersih.

 

Perawatan Jok Mobil dari Kain Tenun

Kain tenun merupakan salah satu jenis kain berserat yang digunakan sebagai bahan jok mobil. Tekstur pada serat kainnya membuat Anda harus ekstra hati-hati saat melakukan perawatan. Usaplah kain dengan halus dan lembut agar tidak rusak.

Sebelumnya, gunakan sedot debu untuk menghilangkan debu-debu halus yang menempel. Selanjutnya, gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk membersihkan jok mobil kain. Usaplah dengan menggunakan kain lembut. Pada area yang tingkat kekotorannya lebih tinggi, usaplah berulang kali hingga noda benar-benar hilang.

Setelah itu, sebagai langkah perawatan, oleskan kondisioner. Hal penting yang harus diingat saat memilih kondisioner adalah pastikan berbahan dasar air saja dan memiliki pH normal.

Baca Juga :  Review Jasa Pembuatan Website dari Firstpage.id

Selain cara membersihkan jok mobil, Anda juga perlu memperhatikan cara cuci mobil yang benar sehingga sensasi nyaman saat berkendara selalu bisa dirasakan. Bila Anda tidak sempat melakukannya, percayakan saja pada layanan yang disediakan Otoklix. Meski bengkel umum, pelayanan yang diberikan tetap berkualitas prima dengan harga terjangkau.

Keyword: cara membersihkan jok

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *