Cara Mudah Merawat Sepatu Pria Berdasarkan Jenisnya

OMAH REVIEW – Anda mungkin berpikir bahwa beberapa item fashion yang paling penting yaitu jaket, topi, ataupun jeans – sampai disitu memang sepertinya sangat rasional, namun beranikah Anda memakai item-item fashion tersebut tanpa sepatu? Saya yakin jawabannya tidak berani, karena memang sepatu merupakan barang yang sangat vital fungsinya. Khususnya bagi pria, sepatu layaknya item penambah aksen ketampanan dan maskulinitas. Tidak semua sepatu pria diciptakan sama, sehingga perawatannya ‘pun dipastikan berbeda. Anda tak mungkin membersihkan sneakers layaknya Anda membersihkan sepatu kulit. Nah kali ini hadiah.me ingin berbagi beberapa cara merawat sepatu pria berdasarkan jenisnya. Lewat artikel ini, sepatu Anda bisa dibersihkan dengan cara yang tepat sehingga sepatu ‘pun tetap long lasting.

 

Sepatu Kulit

 

Sepatu kulit memang sangat identik dengan acara-acara formal, meskipun beberapa tipe sepatu kulit seperti brogue dan juga loafer bisa digunakan untuk street style. Sebenarnya Sepatu pria yang terbuat dari kulit pada intinya memiliki lapisan yang lebih mengkilap, sehingga perawatannya ‘pun lebih banyak menjaga agar kemilaunya tetap terjaga. Berikut langkah-langkah merawat sepatu pria yang terbuat dari kulit.

Pembersihan

  1. Langkah pertama, gunakan sarung tangan lalu tebarkan beberapa koran sebagai alas.
  2. Setelah itu gunakan spons lembut lalu masukan kedalam air yang sudah dicampur dengan sabun ringan.
  3. Celupkan sedikit saja spons tersebut, lalu oles-oles pada permukaan sepatu kulit pria.
  4. Setelah bersih, simpan pada ruangan yang tidak terkena cahaya matahari.

Pemeliharaan

Selanjutnya, tentunya Anda harus terus menjaga kelembaban dari sepatu pria milik Anda. Untuk mencegah agar tidak retak-retak, Anda bisa menggunakan moisturizer pada saat sepatu dalam keadaan kering. Namun untuk melakukannya diperlukan sedikit hal-hal mendetail. Pastikan Anda mengoleskan moisturizer tersebut 5 hingga 10 kali setelah pemakaian.

Baca Juga :  Cara Santai Daftar di Universitas Pertahanan (UNHAN)

Pemolesan

Trik memoles sepatu pria yaitu dengan menyamakan warna dari semir dengan warna sepatu. Sama seperti penggunaan moisturizer, oleskan sedikit saja semir dan oleskan pada seluruh permukaan sepatu.

 

Sepatu Suede

 

Jenis sepatu pria lainnya yang membutuhkan perawatan khusus yaitu sepatu suede. Cara merawat sepatu pria yang terbuat dari bahan suede ini sangat berbeda dengan sepatu kulit karena sepatu suede memiliki karakteristiknya yang berbeda. Meskipun masih terbuat dari kulit, namun sepatu suede memiliki lapisan yang lebih smooth, terdapat aksen layaknya beludru, dan warnanya yang sedikit lebih smooth. Selain itu, sebelum Anda menggunakan sepatu suede di jalanan, pastikan lapisannya benar-benar tahan terhadap cuaca panas.

 

Agar sepatu pria yang terbuat dari suede ini mampu tahan terhadap cuaca, semprotkan spray dengan bahan dasar silikon. Semprotkan pada seluruh bagian atas dari sepatu pria ini, lalu biarkan selama semalam penuh. Cara merawat sepatu pria yang terbuat dari suede lainnya yaitu menggunakan sikat berukuran kecil. Selalu gosokan sikat tersebut sehabis memakai sepatu suede ini agar debu-debu yang menempel bisa disingkirkan. Jangan pernah gunakan krim untuk membersihkan sepatu suede karena dapat menyebabkan lapisan sepatu terlihat seperti kulit anjing. Jika sepatu dalam keadaan basah, langsung bersihkan dengan menggunakan handuk lembut, biarkan mengering dengan sendirinya.

 

Sneakers

 

Jenis sepatu pria lainnya yang membutuhkan perawatan khusus yaitu sneakers. Sneakers ini merupakan sepatu yang sangat identik dengan aktivitias casual dan sangat kekinian. Sneakers pada dasarnya merupakan sepatu yang bagian bawahnya terbuat dari karet dan bagian atasnya terbuat dari kulit, sintetis, ataupun denim. Cara merawat sepatu pria berjenis sneakers ini sangat mudah kok. Jika Anda menemukan adanya goresan atau noda yang membandel, cukup oleskan cat kuku berwarna putih, urusan ‘pun selesai! Selain itu perlu Anda catat, jangan pernah memasukan sneakers kedalam mesin cuci! Hal itu sangat fatal karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sepatu. Untuk membersihkan area yang sulit dijangkau, gunakan sikat gigi bekas, celupkan pada air yang telah diberi sabun, lalu bersihkan perlahan.

Baca Juga :  Tips Merawat Kelinci: Si Manis Berbulu yang Menggemaskan

 

Banyak sekali cara merawat sepatu pria, namun beberapa cara diatas bisa Anda coba karena sangat mudah dan cepat. Jangan tunggu hingga kotor sehingga noda ‘pun sulit dibersihkan. Semoga bermanfaat, sekian dari OMAH REVIEW

 

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *